Tulisan 2. Mengitung Resiko Dalam Menjalankan Usaha
Nama: Prisco Prima Sandy
NPM: 35416801
Kelas: 4ID05
2. Analisa Potensi Pasar
3. Analisa Produk
Langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam menganalisis suatu produk antara lain:
a. Jenis produk, bahan baku, bahan bantu dan zat-zat yang terkandung didalamnya.
b. Bentuk produk, desain, bert, warna, komposisi teknologi dan seni yang melekat dan terdapat pada produk tersebut.
c. Produsen tahun pembuatan, lokasi pabrik lisensi barang, masa kekuatan pakai, petunjuk penggunaan.
d. Cara pemeliharaan, perbaikan/ pergantian, dan tindakan pencegahan kerusakan yang ditimbulkan oleh pengaruh alami.
e. Pembungkusan, pelayanan yang diberikan kepada kosnumen oleh produsen pada waktu terjadi pemindahan hak, jaminan mutu, garansi dan potongan harga (kalau ada).
f. Sistem penerapan harga yang dikenakan pada produk tersebut.
g. Kegunaan produk disertai dengan kepekaan yang melekat pada produk tersebut.
4. Analisa Pelanggan
- Tingkat sosial
- Kebudayaan
- Jenis kelamin, dsb.
Perusahan juga harus mengetahui produk-produk apa saja yang digunakan oleh masyarakat umumnya.
5. Analisa Pesaing Usaha
NPM: 35416801
Kelas: 4ID05
😇SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA SEMUANYA😇
(Menghitung Resiko Dalam Menjalankan Usaha)
1. Analisa Aspek Keuangan
Gambar 1. Analisa Aspek Keuangan
Anasila aspek keuangan adalah merupakan suatu kesatuan yang didalamnya meliputi:
- Kebutuhan Dana
- Sumber Dana
- Poyeksi Laba Rugi
- Proyeksi Aliran Kas
Ada tiga jenis aliran kas mencakup aliran kas berikut :
- Poyeksi Laba Rugi
- Proyeksi Aliran Kas
Ada tiga jenis aliran kas mencakup aliran kas berikut :
a. Aliran kas masuk, merupakan penerimaan berupa hasil penjualan atau pendapatan.
b. Aliran kas keluar, merupakan biaya-biaya termasuk pembayaran bunga dan pajak.
c. Aliran kas masuk bersih, Merupakan selisih dari aliran kas masuk dan aliran kas keluar ditambah penyusutan dengan perhitungan bunga setelah pajak.
2. Analisa Potensi Pasar
Gambar 2. Analisa Potensi Pasar
Dalam buku Manajemen Agribisnis dijelaskan bahwa Analisa Potensi Pasar adalah peluang penjumlahan yang dapat dicapai oleh seluruh penjualan baik saat ini maupun yang akan datang. Dengan kata lain potensi pasar adalah seluruh permintaan/kebutuhan konsumen yang didasarkan atas dua faktor: Jumlah konsumen dalam rangka untuk membeli barang (Suratman, 2001).3. Analisa Produk
Gambar 3. Analisa Produk
Analisa produk adalah suatu perencanaan dan pembuatan produk sampai perpindahan hak ke tangan koonsumen. Analisis ini penting sekali bagi mahasiswa dalam mengacu pada pemahaman tentang pasar dan produk, terutama manajemen perusahaan. Dan dapat menempaatkan permasalahan dengan jelas, karena produk merupakan objek dari rangkaian aktivitas pemasaran.Langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam menganalisis suatu produk antara lain:
a. Jenis produk, bahan baku, bahan bantu dan zat-zat yang terkandung didalamnya.
b. Bentuk produk, desain, bert, warna, komposisi teknologi dan seni yang melekat dan terdapat pada produk tersebut.
c. Produsen tahun pembuatan, lokasi pabrik lisensi barang, masa kekuatan pakai, petunjuk penggunaan.
d. Cara pemeliharaan, perbaikan/ pergantian, dan tindakan pencegahan kerusakan yang ditimbulkan oleh pengaruh alami.
e. Pembungkusan, pelayanan yang diberikan kepada kosnumen oleh produsen pada waktu terjadi pemindahan hak, jaminan mutu, garansi dan potongan harga (kalau ada).
f. Sistem penerapan harga yang dikenakan pada produk tersebut.
g. Kegunaan produk disertai dengan kepekaan yang melekat pada produk tersebut.
4. Analisa Pelanggan
Gambar 4. Analisa Pelanggan
Analisa pelanggan adalah bagaimana cara pengusaha menganalisa motif konsumen membeli produk, melakukan segmentasi pasar dan mengidentifikasi profil konsumen, misalnya seperti: - Tingkat sosial
- Kebudayaan
Perusahan juga harus mengetahui produk-produk apa saja yang digunakan oleh masyarakat umumnya.
5. Analisa Pesaing Usaha
Gambar 5. Analisa Pesaing Usaha
Analisa pesaing usaha adalah bagaimana cara pengusaha dalam melakukan berwirausaha dengan cara melihat lawan usaha yang sejenis, mampukah kita bersaing dengan normal dan sehat. Banyak cara yang bisa kita lakukan dalam menganalisa pesaing usaha, misalkan menjajakan produk dengan harga terjangkau, toko atau restoran didesain semenarik mungkin agar terlihat rapih sehingga memikat daya tarik konsumen.
Persaingan usaha juga dapat ditemui dalam UU No.5 tahun 1999
tentang larangan praktek Monopoli dan persaingan tidak sehat. Secara
umum, persaingan bisnis adalah perseteruan atau rivalitas antara pelaku
bisnis yang secara independen berusaha mendapatkan konsumen dengan
menawarkan harga yang baik dengan kualitas barang atau jasa yang baik
pula.
6. Analisa Bahan Baku/ Bahan Produksi
Gambar 6. Analisa Bahan Baku
Menganalisa bahan baku merupakan hal penting yang harus dilakukan. Hal yang harus dilakukan yaitu metode apa yang ingin digunakan pengusah dalam melakukan penyimpanan bahan baku, terdapat 3 pilihan metode diantaranya yaitu:
- Batch Stock atau Lot Size Inventory. Artinya adalah persedian bahan baku atau barang yang diperlukan atau disediakan dalam jumlah yang lebih besar dari jumlah yang diperlukan.
- Fluctuation Stock, adalah persediaan yang diadakan untuk menghadapi fluktuasi permintaan yang tidak dapat diramalkan.
- Anticipation Stock, adalah persediaan yang diadakan untuk menantisipasi permintaan yang fluktuasinya dapat diramalkan.
7. Data Hasil Analisis
Gambar 7. Data Hasil Analisis
Data hasil analisis adalah kegiatan yang mengubah data menjadi kan informasi baru yang bisa berupa grafik, diagram, dll. diharapkan data hasil analisis tersebut dapat menjadi acuan atau dasaar dalam menyimpulkan atau mengambil sebuah keputusan.
Kesimpulan :
Dari semua analisis yang sudah dilakukan diharapkan tidak salah dalam mengambil keputusan dan hasilnya pengusaha dapat memajukan usahanya dan semakin berkembang.
Sumber Buku:
Primyastanto, M. 2011. Manajemen Agribisnis Antara Teori dan Aplikasinya. Malang. Universitas Brawijaya Press (UB Press)
Imam, H. dan Hermawan. 2012. Good Enviromental Governance. Malang. Universitas Brawijaya Press (UB Press)
Sumber link:
http://ryuken123.blogspot.com/2018/08/analisis-aspek-keuangan.html (Diakses pada tanggal 4 mei 2020)
https://www.academia.edu/17235467/ANALISIS_PRODUK_BARU (Diakses pada tanggal 4 mei 2020)
https://repository.usd.ac.id/13532/2/002214273_Full.pdf (Diakses pada tanggal 4 mei 2020)
Velasco Indonesia
BalasHapusDistributor dan supplier peralatan industri, menyediakan rantai kapal, wire rope, tali baja kuat dan tahan lama, serta peralatan2 industri lainnya.
www.velascoindonesia.com