Tulisan 2_Evaluasi Peluang Usaha Baru
Nama :
Prisco Prima Sandy
NPM :
35416801
Kelas :
4ID05
*Kita balik
lagi, tetep enjoy dan santuy*
#Diruahaja #RebahanEmangPalingBener
Evaluasi peluang usaha baru
· Penetapan
Kelayakan Usaha Baru
Gambar 1.0 Business Plan
Menurut para ahli pertama
kita harus membaca peluang usaha baru kira-kira usaha apanih yang bagus dan
sejalan dengan tren saat ini atau kebutuhan apa yang belum terpenuhi. Maka dari
itu kita perlu menganalisis kelayakan usaha baru yang artinya adalah menemukan
jawaban tentang apakah peluang usaha baik yang berupa produk baru atau jasa
dapat dijual, berapa biaya yang dikeluarkan serta mampukah produk atau jasa
tersebut mampu memperoleh laba, Banyak dana telah dikeluarkan didalam memulai
usaha baru dan juga yang mengalami kebangkrutan dalam satu atau dua tahun.
Salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan usaha baru adalah kendali
wirausahawan itu sendiri. 7 Alasan utama pengusaha baru yang sering gagal
adalah:
- Pengetahuan pasar yang masih rendah.
- Kinerja produk yang salah.
- Usaha pemasaran dan penjualan yang tidak
efektif.
- Terlalu santuy jadi ga sadar ada
persaingan bisnis.
- Produknya cepet ketinggalan zaman.
-
Salah milih waktu usaha. (Lmusim kemarau
jualan mantelL)
- Kebanyakan
investasi, tapi gajelas hasilnya.
· Analisa
Kelayakan Teknis
Gambar 2.0 Analisa Kelayakan Teknis
Sebelum peluang usaha
baru dilaksanakan, dilihat dari aspek teknis perlu dilakukan analisis. Dalam
melaksanakan analisis kelayakan teknis ada 2 langkah yang harus dilakukan yaitu:
Dua langkah penting didalam proses analisa
kelayakan teknis:
- Identifikasi spesifikasi teknis penting
Sebuah peluang usaha baru harus memiliki persyaratan
teknis yang antara lain, catet nih: Daya tarik penampilan produk, produk mudah
dimodifikasi sesuai dengan perubahan teknologi, permintaan konsumen dan
perkembangan pesaing, daya tahan dari bahan baku produk, mudah diproduksi, dan
biaya rendah.
- Uji coba produk atau jasa untuk menemukan
apakah ia memenuhi spesifikasi kinerja
Setelah produk dianalisis secara teknis perlu
dilakukan uji coba produk dalam rangka untuk memperoleh jaminan bahwa produk
atau jasa tersebut dapat memenuhi permintaan konsumen.
a. Identifikasi
spesifikasi teknis penting, persyaratan teknis yang paling penting ada 10 nih:
- Desain
fungsional dari produk dan daya tarik penampilannya.
- Fleksibilitas, mudah di modifikasi atau diupgrade
sesuai perkembagan zaman.
- Daya tahan bahan baku produk.
- Bisa diandalkan/ Kepake lah
- Keamanan produk
- Daya guna yang bisa diterima
- Kemudahan dan biaya pemeliharaan yang
terjangkau
- Standarisasi melalui dihilangkannya suku
cadang yang tidak perlu
- Kemudahan untuk diproduksi, dan diproses
- Kemudahan untuk perbaiki
b. Pengembangan
dan Uji Coba Produk
Pengembangan dan uji coba
produk termasuk juga studi rekayasa, uji laboratorium, evaluasi bahan baku
alternatif, dan fabrikasi model dan prototip untuk uji lapangan. Untuk setiap
tahap pengujian hasil negatif dan positif harus ditimbang dan dilakukan penyesuaian
yang perlu.
·
Penilaian
Peluang Pasar
Gambar 3.0 Penilaian Peluang Pasar
Kita
artikan dulu, tujuan dari pemasaran kan memenuhi permintaan pelanggan. Nah
sebelum jauh kesana, kita bahas dlu riset pasar itu apa. Jadi riset pasar
adalah pengumpulan, pencatatan dan analisis secara sistematis, atas informasi
yang berkaitan dengan pemasaran dan jasa. Hasil dari riset pasar bisa membantu:
1. Menentukan target pasar yang
menguntungkan
2. Memilih produk yang dapat dijual
3. Menentukan perubahan dalam perilaku
konsumen
4. Meningkatkan skill pemasaran yang lebih mantap
5. Merencanakan sasaran yang realistis.
Tiga aspek utama bagi riset pasar adalah:
1. Penelitian potensi pasar dan
identifikasi pelanggan (pemakai) yang berpotensial.
2. Analisa seberapa besar perusahaan baru
tersebut bisa memenfaatkan potensi pasar.
3. Penentuan peluang nyata pasar dan
resiko-resiko melalui uji coba pasar
Analisa
pontensi pasar dari peluang usaha yang baru direncanakan hendaknya dimulai
dengan pengumpulan data yang relevan mengenai potensi pembeli, motivasi
pembeliannya, kebiasaan pembeli, dan dampak perubahan dari karakteristik produk
potensi pasar. Penelitian mengenai potensi pasar bagi usaha baru mungkin
melibatkan penilaian subyektif dan pribadi, tidak selalu ilmiah cuy.
Langkah buat mengidentifikasi dan
mengestimasi potensi pasar ada 6 nih:
1. Identikasi pemakai produk terakhir dari
produk atau jasa.
2. Identifikasi segmen pasar pokok.
3. Menentukan atau memperkirakan volume pembelian
tiap-tiap segmen pasar dan volume total dari semua segmen
4. Sumber Informasi Pasar
5. Uji Coba Pasar
6. Studi Kelayakan Pasar
·
Penilaian
Kemampuan Organisasional
Gambar 4.0 Ilustrasi Kemampuan Berorganisasi
Setiap bisnis usaha
membutuhkan orang-orang dengan berbagai jenis keterampilan dan bakat untuk
bekerja sama mencapai tujuan organisional. Hal yang perlu diperhatikan adalah
jenis keterampilan, jenis organisasi dan keterampilan yang dibutuhkan dalam
penerapan usaha baru yang efektif serta keterampilan dan bakat yang dibutuhkan
jika usaha baru tersebut mulai berhasil dan tumbuh. Ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan dalam langkah ini, yaitu:
Penentuan kebutuhan personalia dan
perencanaan struktur organisasi awal.
Langkah pertama dalam
penentuan kebutuhan personalia adalah analisis kebutuhan tenaga kerja dan
berbagai aktivitas yang perlu dilakukan.
Langkah kedua adalah pengelompokkan aktivitas tersebut ke dalam seperangkat tugas yang bisa ditangani individu secara efektif.
Langkah tiga adalah dari berbagai tugas dikategorikan untuk membentuk dasar dari struktur organisasi. Perbandingan kebutuhan dan ketersediaan personalia. Pada langkah ini perlu dilakukan membandingan personalia yang dibutuhkan dan orang-orang yang berkualitas yang tersedia bagi usaha baru.
Langkah kedua adalah pengelompokkan aktivitas tersebut ke dalam seperangkat tugas yang bisa ditangani individu secara efektif.
Langkah tiga adalah dari berbagai tugas dikategorikan untuk membentuk dasar dari struktur organisasi. Perbandingan kebutuhan dan ketersediaan personalia. Pada langkah ini perlu dilakukan membandingan personalia yang dibutuhkan dan orang-orang yang berkualitas yang tersedia bagi usaha baru.
·
Analisa
Persaingan
Setiap bisnis usaha
umumnya cenderung menghadapi dua jenis tekanan persaingan:
1. Persaingan langsung dari produk atau jasa yang
identik dengan produk perusahaan itu pada pasar yang sama.
2. Tekanan tidak langsung dari barang
subtitusi
Pendekatan
pragmatis untuk menganalisa tekanan persaingan dipusatkan pada tiga tugas.
- Identifikasi pesaing besar potensial
- Identifikasi berbagai strategi dan taktik yang
digunakan pesaing dan dampak potensialnya terhadap operasi ventura yang
direncanakan.
- Identifikasi keuntungan persaingan tertentu dari
ventura yang direncanakan dan pengembangan strategi yang didasarkan pada
penekanan pada keuntungan tersebut.
Sumber:
http://edwardferdinandonly.blogspot.com/2011/03/evaluasi-peluang-usaha-baru.html
Kesimpulan:
Berdasarkan
penulisan 2 tentang evaluasi peluang usaha baru dapat ditarik kesimpulan sebagaimana kita harus membaca peluang usaha apa yang memungkinkan menghasilkan
laba. Kemudian kita harus menganalisa kelayakan teknisnya seperti apa misalnya
mengidentifikasi produk mudah diperbaiki dan di upgrade serta jangan lupa menguji coba produk ke pasaran agar tau
seberapa minat konsumen. Sebagaimana perusahaan harus memiliki organisasional
untuk mengatur kegiatan yang berlaku diperusahaan. Terakhir jangan lupa kita
lakukan benchmarking ke produk pesaing untuk mengetahui proses terbaik dan
mengetahui kualitas terbaik produk.
http://edwardferdinandonly.blogspot.com/2011/03/evaluasi-peluang-usaha-baru.html
Komentar
Posting Komentar